Babinsa 0801/09 Ngadirojo Dukung Pelatihan Dan Pembentukan Relawan Kebakaran.


KARYA LENSA|Pacitan - Guna mengantisipasi bahaya kebakaran di wilayah, Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Pacitan melakukan pelatihan dan pembentukan relawan pemadam kebakaran, yang berlangsung di Pendopo Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan, Selasa (12/12/2023). 


Hadir dalam pelatihan tersebut diantaranya, Kasat Pol PP Kab. pacitan (Bpk sanyoto), Kepala bagian CSR (bpk Riski), General Menejer PLTU (Bpk yuli setia sanjaya), Sekcam Ngadirojo (ibu wiwin), Kasi trantib Kec. Ngadirojo (bpk Anas), Damkar, Babinsa 0801/09 Ngadirojo (Serma Nanang), Bhabinkamtibmas dan para relawan. 


Adapun tujuan dari pembentukan relawan pemadam kebakaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat, sehingga bisa bertindak cepat dan tepat dalam mengatasi bahaya kebakaran, entah itu kebakaran hutan dan lahan ataupun pemukiman warga. 


Dalam pelatihan tersebut diberikan berbagai materi diantaranya tentang pemahaman cara kerja api, mengenal tindakan pencegahan agar terjadi kebakaran, penanganan saat terjadi kebakaran ataupun tindakan pasca terjadi kebakaran.


Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/09 Kodim 0801/Pacitan mengatakan, pembentukan relawan kebakaran penting untuk segera di bentuk, agar nantinya bisa menjadi pioner terkait penanganan kebakaran agar lebih efisien dan cepat menjangkau apabila ada kejadian kasus kebakaran di masyarakat.


"Dengan terbentuknya relawan kebakaran di setiap Desa dan Kelurahan, jika terjadi kasus kebakaran cepat di lakukan langkah pemadaman. Mengingat para relawan berada di lingkungan atau wilayahnya masing-masing, sehingga kebakaran dapat diantisipasi sejak dini dan tidak sampai meluas", ujar Serma Nanang kepada para relawan.


Lebih dari itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat luas untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati terhadap potensi kebakaran terutama pada penggunaan listrik hingga kompor gas. 



"Lakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala untuk menjaga kualitas kabel dalam kondisi baik, serta guna menghindari konsleting listrik penyebab kebakaran. Kemudian, hati-hati saat meninggalkan rumah dan pastikan dalam keadaan aman", ungkapnya.(*)

Lebih baru Lebih lama