Anggota Koramil 0801/05 Nawangan Gerak Cepat Atasi Tanah Longsor.


KARYA LENSA | Pacitan - Kejadian bencana tanah longsor kembali terjadi di Dusun Petung RT 01 RW 05, Desa Jetis Lor,  Kec Nawangan, Kab Pacitan dan menimpa rumah salah satu rumah warga. 


Setelah diguyur hujan dengan intensitas sedang yang berlangsung lama sejak sore kemarin, sehingga mengakibatkan tebing setinggi 7 M, lebar 5 Meter yang berada di atas rumah mengalami longsor dan menimpa rumah milik Bpk Boyani. Senin (08/01/2024).


Akibat kejadian tersebut pemilik rumah mengalami kerugian ditafsir hingga mencapai 5 juta rupiah, pasalnya dinding bagian dapur jebol dan mengalami kerusakan, karena tertimpa material longsor. 


Setelah mendapat laoporan dari warga, kemudian anggota Koramil 0801/05 Nawangan Kodim 0801/Pacitan melaksanakan koordinasi dengan pihak Aparat Desa serta pihak terkait untuk mendatangi lokasi guna melaksanakan evakuasi material longsor. 


Upaya pembersihan material longsor dilakukan dengan melibatkan, anggota TNI, Polri, BPBD, Perangkat Desa dan warga setempat. Selain membersihkan matetial longsor mereka juga menyelamatkan barang-barang berharga yang masih bisa digunakan, disamping memberikan bantuan sosial kepada Bkp Boyani. 


Tak hanya itu saja, kejadian tanah rongsor juga terjadi di Dusun Petung RT 02, RW 6, yang mengakibatkan jalan alternatif penghubung Desa Jetis Lor dan Desa Pakisbaru Kec Nawangan Kab Pacitan tidak bisa dilalui karena tertutup material longsor. 


Sementara itu, Danramil 0801/05 Nawangan Letda Arh Gino menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati ketika terjadi hujan terutama yang tinggal di wilayah rawan terjadi longsor. 



"Kejadian tanah longsor tersebut terjadi karena kontur tanah yang labil akibat guyuran hujan. Upaya evakuasi material longsor sudah kita lakukan secara gotong royong dan kami bersyukur tidak ada korban jiwa. Kemudian, jalan alternatif kini sudah bisa dilewati kembali", pungkasnya.(*)

Lebih baru Lebih lama