Lindungi Anak Dari Penyakit Polio, Babinsa Koramil 0801/11Donorojo Ikut Gencarkan Sub PIN Polio.


KARYA LENSA|Pacitan - Sebagai upaya melindungi anak terhadap penyakit polio, para petugas kesehatan mulai dari tingkat Desa hingga Puskesmas terus gencar melakukan imunisasi polio terhadap anak usia 0-7 tahun, secara serentak dan tersebar di seluruh wilayah Kab. Pacitan. 


Kali ini, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan Serda Yudiyanto mendampingi petugas kesehatan memberikan imunisasi polio terhadap 27 siswa di Sekolah TK Harapan, Desa Belah, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Selasa (16/01/2024).


Dikatakan Babinsa 0801/11 Donorojo, bahwa pihaknya akan terus mendukung program pemerintah salah satunya dengan memberikan sistem kekebalan pada anak, agar terhindar dari kelumpuhan bahkan kematian akibat terpapar virus polio.


"Vaksin polio akan memberikan kekebalan, apabila tertular pada anak dapat terlindungi dari kelumpuhan dan kematian akibat virus polio. Tidak ada obat untuk penyakit ini, dan satu satunya cara pencegahannya hanya dengan pemberian imunisasi", ujarnya. 


Virus polio menyebar melalui Fecal - Oral, artinya virus berkembang biak di sistem pencernaan dan di keluarkan melalui feses (tinja) kemudian menyebar melalui air. Risiko semakin besar jika sanitasi tidak baik seperti perilaku buang air sembarangan.



"Mari kita bersama menjaga pola hidup bersih dan sehat, selain itu diharapkan partisipasi dari orang tua dan masyarakat untuk membawa anaknya guna menerima 2 tetes vaksin polio, agar anak kita terhindar dari polio", himbaunya.(*)


Lebih baru Lebih lama