Dandim 0801/Pacitan Hadiri Prosesi Peringatan Hari Jadi Kab. Pacitan Ke 279.


KARYA LENSA|Pacitan - Pagi ini, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., menghadiri peringatan Hari Jadi Kab. Pacitan ke 279 yang berlangsung di Pendopo Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 08 Pacitan, Senin (19/02/2024). 


Peringatan Hari Jadi Ke-279 Kabupaten Pacitan kali ini mengambil tema ‘’Pacitan Mrabu Rahayu’’ yang artinya berwibawa, selamat dan sejahtera. Momentum bersejarah ini juga sebagai wujud rasa syukur masyarakat Kab. Pacitan atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan. 


Dalam acara tersebut juga dihadiri Bupati Wonogiri, Bupati Gunung Kidul, Bupati Ponorogo, Bupati Trenggalek, Bupati Tulungagung dan seluruh TNI, Polri, OPD , organisasi masyarakat dan para tokoh agama se Kabupaten Pacitan.


Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan dalam prosesi peringatan hari jadi ke-279 Kabupaten Pacitan ini Sesuai babad Pacitan, tanggal 19 Februari 1745 Raden Tumenggung Notopuro yang diangkat menjadi Adipati untuk memimpin salah satu pemerintahan di wilayah Rejoso Sukoharjo.


”Atas dasar keputusan Bupati Kepala Daerah tingkat 2 Pacitan No. 45 tahun 1995 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Pacitan, sampai saat ini Kabupaten Pacitan sudah berusia 279 tahun", jelasnya. 


Dirinya juga meminta doa restu kepada seluruh masyarakat Pacitan bahwa setahun terakhir Pemerintah Daerah telah membentuk Tim Penelusur Sejarah yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda).


"Tim yang sudah berjalan sampai saat ini sudah mendekati 90 persen bukti trah Pacitan atau sejarah Pacitan", ujarnya. 


Dalam kesempatan tersebut Bupati juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku seni atas pengabdian terhadap kesenian tradisi dan budaya di Pacitan. Mereka yakni Sukarman dari Pelem, Pringkuku, Almarhum Sutiman dari Tokawi, Nawangan, serta Ki Mangun Sukiman dari Desa Gedompol, Donorojo.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan berharap dengan genap berusia ke 279, Kab. Pacitan dapat terus berinovasi dan berkarya untuk meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat sehingga membawa kemakmuran dan kesejahteraan. 


"Selamat Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-279. Teruslah bergerak maju dan berkembang untuk kemakmuran dan kesejahteraan bagi warganya", ungkapnya. (*)

Lebih baru Lebih lama