Dandim Ikuti Vidcon Bersama Irutum Itdam V/Brw Dalam Rangka Rakernis Dan Taklimat Awal Bidang Pengawasan.


Pacitan - Pagi ini, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., mengikuti Vicon bersama Irutum Itdam V/Brw Kolonel Arh. Muharto Cusuma dalam rangka pelaksanaan kegiatan Rakernis dan Taklimat Awal Bidang Pengawasan tahun 2024.


Kegiatan tersebut juga diikuti Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0801/Pacitan, berlangsung di Ruang Data Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Senin (12/02/2024). 


Dalam arahannya melalui vidcon Irutum Itdam V/Brw mengajak kepada seluruh Dansat untuk berpedoman pada sistem program kerja pada tahun 2024 yang sudah ditentukan oleh Komando atas, melalui aplikasi digital yang sudah maju. 


"Pengawasan di lingkungan TNI AD merupakan salah satu fungsi pengendalian, dan sebagai tahapan penting dalam upaya mendukung keberhasilan program pembinaan TNI AD", ujarnya. 


Dipaparkan olehnya, Inspektorat Kodam V Brawijaya sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) bertugas membantu Pangdam V/Brawijaya dalam melaksananakan pengawasan terhadap penyelenggaraan program kerja dan anggaran, baik bidang kinerja maupun perbendaharaan di satuan jajaran Kodam V/Brawijaya.


"Berkaitan dengan hal tersebut, maka sesuai program kerja pengawasan tahunan (PKPT) TA 2024, Inspektorat Kodam V/Brw akan melaksanakan kegiatan Pengawasan intern di satuan jajaran Kodam V/Brawijaya sesuai waktu yg ditentukan", tandasnya. 


Lebih dari itu, sebagai upaya meminimalisir serta memperkecil adanya resiko penyalahgunaan anggaran, dirinya menekankan kepada para pejabat fungsi pengawasan internal agar menyamakan persepsi. 


"Pahami mekanisme pemeriksaan dan pelaksanaan pengawas internal serta laksanakan langkah yang tepat dalam pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel guna meminimalkan temuan pengawasan Tim Was Intern TNI maupun BPK RI", tandasnya. ", ungkapnya. 


Ia juga meminta untuk meningkatkan peran APIP dalam melakukan pengawasan untuk mewujudkan pencapaian opini WTP LK TNI AD.


"Berdayakan APIP Kotama (Inspektorat) sebagai sarana konsultasi guna menjamin terlaksananya Prograam kerja anggaran TNI AD TA 2024 yang taat pada peraturan dan perundang-undangan", pungkasnya. (*)

Lebih baru Lebih lama