Bangun Kesadaran Masyarakat, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Ikuti Sosialisasi Bahaya Sex Bebas.


KARYA LENSA | Pacitan - Pagi ini, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan Serda Basuki Rahmad, mengikuti sosialisasi dan edukasi bahaya sex bebas yang berlangsung di Balai Desa Sekar, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Selasa (05/03/2024). 


Dengan menghadirkan narasumber dari petugas UPT Kec. Donorojo Ibu Hermin, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai dampak negatif akibat perilaku sex bebas pada usia dini. 


Dikatakan olehnya, perilaku seks bebas pada usia dini dapat menyababkan dampak negatif, seperti resiko gangguan kesehatan reproduksi, gangguan psikologis, terputusnya pendidikan, hingga hilangnya kesempatan mengembangkan diri. 


"Sebagai upaya pencegahan, banyak hal yang dapat dilakukan antara lain, keterbukaan komunikasi dengan orang terdekat, membangun kepercayaan antara remaja dengan keluarga, memberikan edukasi seks tepat usia, menyediakan dan mengenali isyarat bahaya kekerasan seksual, serta pemberian dukungan pendampingan oleh orang dewasa", jelasnya 


Lebih dari itu, melalui soaialisasi ini sekaligus menjadi sarana untuk melakukan perannya sebagai pelopor dengan menyebarluaskan informasi dampak negatif perilaku seks bebas pada usia dini, disamping upaya pencegahan resiko kekerasan seksual yang mungkin terjadi pada anak remaja. 


"Kami berharap upaya ini dapat membangun kesadaran dan memperkuat pendekatan preventif atas bahaya seks bebas pada usia dini, sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan pemahaman yang sehat tentang seksualitas", ungkapnya. 


Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo mengingatkan pentingnya meningkatkan pengawasan terhadap putra putrinya, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, sehingga berakibat merusak masa depannya. 

"Komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak merupakan kunci utama untuk mengatasi pergaulan bebas pada anak. Melalui komunikasi yang baik, anak akan merasa lebih nyaman, sehingga orang tua dapat memberikan saran dan bimbingan yang tepat", tambah Serda Basuki Rahmat.(*)

Lebih baru Lebih lama